Minggu, 02 Mei 2010

Memulai Perjuangan

Hey yaw akhi ukhti pejuang-pejuang dakwah, bagaimana perjuangan-perjuangan antum...
Apakah sudah menemui kesulitan, atau bahkan sama sekali tidak mengalami kesulitan?? Wah.. itu harus dipertanyakan perjuangannya. Karena seharusnya kesulitan itulah yang dapat dijadikan tingkatan totalitas kita dalam dakwah, karena apa, karena semakin kuat perjuangan kita, semakin banyak halangan dalam dakwah, semakin banyak orang yang terkondisikan maka semakin banyak pula orang yang tak senang dengan dakwah ini. Tidak akan pernah putus permusuhan orang-orang kafir terhadap perjuangan ini, jadi teruslah bersiap-siaga.

Lalu apakah yang harus disiapkan dalam dakwah ini. Tentu saja akidah diri kita sendiri. Seluruh umat muslim pasti diuji, dan yang akan terus diuji adalah akidah kita. Weitz, tapi tenang, Alloh tidak akan menguji ahmbanya diluar batas kemampuannya, so.. mari kita siapkan akidah kita.. dan apakah yang dibutuhkan:
1. Kerjakan rukun islam dan "resapi maknanya"... Dengan begitu kita akan semakin dekat dengan Alloh, nah disitulah intinya. Semakin kita mendekatkan diri kepada Alloh (Ma'rifatullah) semakin kita akan merasakan akidah kita, semakin kita akan merasakan cinta-Nya. Begitu pula dengan iman.
2. Seringlah mengkaji ilmu agama, karena ilmu berpusat di ilmu agama. Hal ini juga membutuhkan keyakinan kita akan islam. Andaikan iman kita masih goyah, bukan tidak mungkin karena ilmu pengetahuan yang makin berkembang kita malah meyakini bahwa semua ilmu itu berdiri sendiri. Seharusnya kita mengkaji ilmu agama terlebih dahulu agar kita mempunyai poors pemikiran yang haq dalam menghadapi atau menyelami ilmu pengetahuan.

Kemudian kita juga harus masuk dalam pergerakan. Bukan berarti kita tidak bisa berdakwah sendiri, namun bukankah 2 lebih baik daripada 1, dan 3 lebih baik daripada 2, oleh sebab itu kita juga harus masuk dalam pergerakan dakwah. Sudah begitu, dalam pergerakan dakwah pastinya sudah mempunyai sistem dan target sehingga dalam berjuang akan lebih teratur. Dan semua itu pasti butuh pendidikan atau pembelajaran disamping berjuang. Seperti halnya di dakwah sekolah yang sestematis, dll.

Kita bisa berkaca dari Rasulullah SAW.. meskipun tidak disebutkan bahwa ada sekolah pendidikan agama atau yang lainnya, namun secara sistematis Rasulullah SAW tetap memberikan pendidikan, mengumpulkan sahabat dalam kelompok-kelompok, kemudian membagi ilmunya di kelompok itu, dan tentunya mengalir kebawah seperti aliran air...

Yah.. itulah "strategi" yang bisa kita pakai dalam pejuangan kita.. Dan jangan lupa! Kita harus selalu berkaca dari sejarah.. Pelajari dan ambil hikmah dari perjuangan orang-orang terdahulu dan aktualisasikan dengan perjuangan kita sekarang... KEMENANGAN ISLAM ADA DI TANGAN KITA!! Hasil itu masalah terakhir, yang terpenting bagaimana kita terus berusaha dan berlomba-lomba dalam kebaikan...

Rasulullah SAW bersabda "Hendaklah kalian selalu melakukan kebenaran karena kebenaran akan menuntun kepada kebaikan dan kebaikan itu menuntun ke surga. Jika seseorang selalu berbuat benar dan bersungguh dengan kebenaran ia akan ditulis di sisi Alloh sebagai orang yang sangat benar. Jauhkanlah dirimu dari bohong karena bohong akan menuntun kepada kedurhakaan dan durhaka itu menuntun ke neraka. Jika seseorang selalu bohong dan bersungguh-sungguh dalam kebohongan ia akan ditulis di sisi Allloh sebagai orang yang sangat pembohong."

wallahu 'alam bishowab... TETAP BERJUANG dan ISTIQOMAH!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NO SARA!!